Minggu, 24 Februari 2013

Masa Depan Pustakawan Indonesia

-->

Di era ini masih banyak orang awam bahkan kalangan terpelajar sekalipun yang mempertanyakan sebenarnya apa sih tugas dari pustakawan? Apakah tugas dari seorang pustakawan hanya sekedar menjaga buku? Banyak juga yang mempertanyakan mengenai masa depan seorang pustakawan sebagai sebuah profesi. Bahkan tidak jarang orang tua dan yang melarang anaknya untuk menjadi seorang pustakawan, karena menurut pandangan para orang tua tersebut pustakawan hanya seorang penjaga perpustakaan yang tidak jelas masa depannya. Di sini saya akan menjelaskan sedikit mengenai apa saja pekerjaan dari seorang pustakawan, apakah benar tugas dari seorang pustakawan hanya menjaga buku?
Sebenarnya banyak sekali tugas dari seorang pustakawan contohnya yaitu melakukan perencanaan dan manajemen perpustakaan seperti membuat kebijakan-kebijakan yang berguna untuk memajukan perpustakaan. Selain itu pustakawan juga bertugas untuk melakukan seleksi buku-buku yang akan dijadikan koleksi dalam sebuah perpustakaan, melakukan pengolahan buku-buku yang ada di perpustakaan misalnya pemberian tanda kepemilikan buku, selain itu pustakawan juga melakukan perawatan buku misalnya dengan melakukan penjilidan ulang pada buku-buku yang telah rusak, membersihkan buku dan lain sebagainya sehingga buku-buku yang ada di perpustakaan benar-benar  layak untuk digunakan oleh pengunjung/pemustaka.
Pustakawan juga merupakan salah satu jembatan dalam penyampaian dari sebuah informasi, jadi pustakawan itu sendiri harus berasal dari latar belakang yang memang mempunyai background tentang ilmu pengelolaan perpustakaan, terutama untuk tingkat Universitas, pengelola perpustakaan diharuskan minimal lulusan S1 Perpustakaan. Hal tersebut dikarenakan pustakawan sangat berperan penting dalam mengelola informasi untuk disebarluaskan agar informasi tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik. Orang yang tidak mengerti mengenai pentingnya peran pustakawan mungkin menganggap bahwa orang yang tidak mempunyai background ilmu bidang perpustakaan juga pasti bisa mengurus perpustakaan. Pemikiran tersebut ada karena orang-orang tersebut kurang mengetahui betapa pentingnya peranan pustakawan yang memiliki background ilmu bidang perpustakaan. Dapat kita lihat bahwa hasil pengelolaan perpustakaan yang dikelola dengan orang yang memang mempunyai background ilmu di bidang perpustakaan dengan yang tidak mempunyai background tersebut pasti akan berbeda, karena pustakawan yang memiliki background ilmu bidang perpustakaan lebih mengerti mengenai manajemen dan perencanaan untuk memajukan perpustakaan. Sehingga perpustakaan yang dikelola oleh orang yang memang mengerti mengenai hal-hal yang bersangkutan dengan perpustakaan hasilnya akan lebih baik apabila dibandingkan dengan perpustakaan yang dikelola dengan orang yang tidak mengertei mengenai hal-hal yang bersangkutan dengan perpustakaan.
Pemerintah juga sudah mengakui bahwa Pustakawan merupakan sebuah profesi, hal tersebut tercantum dalam SK Menpan No. 132/KEP/M.PAN /12/2002, tentang Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya. Dalam surat keputusan tersebut di atas Pustakawan telah diakui sebagai salah satu jabatan fungsional. Pejabat fungsional pustakawan itu sendiri yang selanjutnya disebut pustakawan adalah Pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan kegiatan kepustakawanan pada unit-unit perpustakaan, dokumentasi dan informasi instansi pemerintah dan atau unit tertentu lainnya. Selain itu untuk ke depannya pemerintah Indonesia sudah mulai mengadakanakan sertifikasi untuk pustakawan, jadi hal ini juga merupakan sebuah pembuktian bahwa profesi pustakawan bukan lagi sebuah profesi yang dapat di pandang sebelah mata karena pustakawan juga punya masa depan, sama dengan profesi-profesi yang lainnya.
                                                                                                               Salam sejahtera




                                                                                                               Pustakawan Indonesia

1 komentar :

  1. emang betul skrng msh bnyak orang yg menganggap profesi pustakawan ndak penting. Padahal kita lah harus di utamakan juga krn tanpa kita perpustakaan ndak berfungsi sebagaimana mestinya dan di perpustakaan lah jantungnya pendidikan.

    BalasHapus

 
Flinn - Adventure Time